PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BERBASIS ANDROID

  • Mia Rosmiati AMIK BSI Pontianak
  • Rizky Saputra Atmaja STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Sejarah adalah mata pelajaran wajib yang perlu dipelajari oleh semua siswa sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah akhir. Melalui sejarah dapat dikembangkan nilai-nilai dan kecakapan-kecakapan sosial bagi siswa berupa nilai demokrasi, nasionalisme, patriotisme, bertanggung jawab, mandiri dan pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa. Selama ini mata pelajaran sejarah di identikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. Guru diposisikan sebagai pokok sumber informasi, menggunakan kaedah mengajar bercorak hafalan dengan metode buku dan ceramah. Untuk menambah minat siswa dalam mempelajari sejarah pahlawan Indonesia maka penulis merancang suatu aplikasi animasi interaktif untuk mengenalkan tokoh pahlawan Indonesia kepada anak usia sekolah dasar khususnya kelas IV (empat) di SDI Al-Husna yang memanfaatkan perkembangan teknologi berbasis mobile android.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mia Rosmiati, AMIK BSI Pontianak

Jl. Abdurahman Saleh No. 18 Pontianak

Rizky Saputra Atmaja, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Jl. Damai No. 8, Warung Jati Barat (Margasatwa), Pasar Minggu, RT.1/RW.1, Ragunan, Pasar Minggu, South Jakarta City, Jakarta 12540

Published
2016-12-03
How to Cite
ROSMIATI, Mia; ATMAJA, Rizky Saputra. PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BERBASIS ANDROID. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, [S.l.], p. INF.175-INF.184, dec. 2016. Available at: <http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/article/view/199>. Date accessed: 20 feb. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 47 times
PDF downloaded = 28 times
Section
Informatika dan Komputer