PENERAPAN FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK MENENTUKAN KINERJA GURU DALAM PEMILIHAN KELAYAKAN KENAIKAN PANGKAT DAN TENAGA KONTRAK

  • Apip Supiandi STMIK Nusa Mandiri Sukabumi

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan merupakan salah satu faktor penting adalah kinerja guru, Pemerintah mengeluarkan anggaran untuk 20% sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang, oleh karena itu kinerja guru harus seimbang dengan pahala yang adil dan hukuman dari peraturan pemerintah. Dalam rangka membantu manajemen sekolah, kemudian membangun sebuah sistem yang nantinya dapat digunakan sebagai standar penilaian kompetensi dengan beberapa guru. Sistem ini dikenal sebagai sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process Fuzzy. Dalam membuat keputusan dengan metode ini dengan beberapa tahapan yang merupakan satu kesatuan yang harus dilakukan secara sistematis. Sistem ini dibangun dengan Microsoft Access sebagai pembuat GUI dan Microsoft Excel perhitungan matematika sebagai panduan. Dari hasil pengujian, sistem dapat menentukan urutan prioritas untuk guru PNS untuk promosi dan urutan prioritas untuk non PNS Guru kontrak kerja dengan penilaian objekif dibandingkan dengan perhitungan manual. Software yang dibuat dapat diterima oleh manajemen, dengan hasil software metode pengujian perangkat lunak Quality Assurance.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Apip Supiandi, STMIK Nusa Mandiri Sukabumi

Jl. Veteran II No.20 A Selabatu, Selabatu, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat 43114

Published
2016-12-03
How to Cite
SUPIANDI, Apip. PENERAPAN FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK MENENTUKAN KINERJA GURU DALAM PEMILIHAN KELAYAKAN KENAIKAN PANGKAT DAN TENAGA KONTRAK. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, [S.l.], p. INF.95-INF.102, dec. 2016. Available at: <http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/article/view/179>. Date accessed: 23 apr. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 57 times
PDF downloaded = 36 times
Section
Informatika dan Komputer