PENERAPAN PROTOTYPE KNOWLEDGE SHARING KEGIATAN MARKETING BERBASIS SMARTPHONE ANDROID PADA PT. MAHA GLOBAL

Maruloh Maruloh

Abstract


Pengetahuan (Knowledge) adalah salah satu hal yang penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Untuk melindungi pengetahuan, perusahaan berusaha untuk mempertahankan pengetahuan tersebut, salah satunya adalah dengan menerapkan Knowledge Management System (KMS), salah satu pengelolaan KMS yang dapat dilakukan adalah dengan cara berbagi pegetahuan (Knowledge Sharing). Pengelolaan knowledge management dalam hal memperoleh pengetahuan maupun berbagi pengetahuan, telah menjadi perhatian PT. Maha Global, terutama dalam hal marketing. Seringnya sales yang mengundurkan diri, membuat perusahaan harus mentransfer pengetahuan kepada sales baru. Hal ini menjadi semakin sulit karena sales lebih banyak beraktifitas di luar sehingga menyebabkan minimnya waktu untuk melakukan knowledge sharing antar sales. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perusahaan melakukan kegiatan berbagi pengetahuan dan membandingkan kegiatan tersebut dengan berbagi pengetahuan menggunakan aplikasi Android Smartphone. Dari hasil perhitungan kuesioner diperoleh bahwa berbagi menggunakan aplikasi smartphone android lebih baik dari berbagi pengetahuan sebelum menggunakan aplikasi pengetahuan. Dengan nilai 4,17 dan 4,14 dengan hasil yang baik. Sedangkan nilai sebelum penggunaan aplikasi 2.63 dan 2.7 dengan hasil yang cukup baik


Full Text:

PDF

References


Amriani, Tenry Nur. (2014). Knowledge Management (KM) dalam Organisasi Publik. Widyaiswara Muda Balai Diklat Keuangan Makassar.http://www.bppk.depkeu.go.id/berita-makassar/19407-knowledge-management-km-dalam-organisasi-publik

Bommen, Thommy, Amtzen Bechina.(2006). Knowledge Sharing Practices:Analissis of a Globel Scandinavian Consulting Company, ISSN 1479-4411.

Davidson, Carl, Voss Philip. (2003). Knowledge Management: An Introduction to creating competitive advantage from intellectual capital, New Delhi: Vision Books.

Debowski, Shelda. Knowledge Management, Melbourne and Sydney: John Wiley and Son Australia, Ltd, 2006

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nonka, Ikujiro, H. Takeuchi. (1995). The Knowledge Creating Company: How Japanesse Companies Create the Dynamics In Innovation. Oxford University Press.

Rahmayu, Mulia. (2013). Prototipe Knowledge Management System Untuk Meningkatkan Proses Belajar Grammar Berbasis Smartphone Android:Studi Kasus Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jakarta, Jakarta: Pasca Sarjana Nusa Mandiri.

Rayyes, Emad Kh., Ibrahim M and Abu-Zaid. (2012). New Model to Achieve Software Quality Assurance (SQA) in Web Application, International Journal of Science and Technology, vol 2 No 7.

Rosa, A.S dan M. Shalahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Safaat, Nazruddin. (2013). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika.

Shih, H. A., Huang, J. W. (2005). The relationship between knowledge management and human resource management in Taiwanese high-tech corporations. Sun Yat-Sen Management Review, 13, 925-958.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito

http://www.gs.statcounter.com (Diakses 11 Nopember 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.