PENERAPAN METODE FISHER YATES SHUFFLE UNTUK SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE PADA SMKN P 1 SUKARAJA

Jamal Maulana Hudin, Yusti Farlina, Elga Wati

Abstract


SMKN P 1 Talbot adalah sekolah menengah kejuruan di bawah naungan layanan pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sukabumi, terus mengembangkan sistem pembelajaran yang. Demikian pula, sistem ujian, sistem ujian yang masih menggunakan kertas menyebabkan beberapa masalah seperti penyediaan buku dan jawaban yang relatif besar, buklet dan menjawab rentan terhadap kerusakan dan penyajian informasi nilai kurang cepat, sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar untuk melaksanakan ujian. Untuk menghemat biaya peralatan tes, lembar pertanyaan dan jawaban yang aman dari kerusakan dan memberikan informasi yang cepat dan akurat, perlu tes sistem informasi. Dalam sistem ujian online menggunakan algoritma yang canggih untuk mengocok mengocok Yates fisher ujian, sehingga tidak ada kecurangan dalam mengerjakan soal. Fisher yate suffle algoritma pengacak yang menghasilkan berbagai pertanyaan yang berbeda, hasilnya pengacakan sangat baik dari 1,3 x 1010 variasi dari pertanyaan. Dengan sistem ujian online dapat membantu sekolah untuk melaksanakan ujian, menjaga biaya yang relatif besar menjadi lebih berkurang, dapat mencegah kekurangan dalam memberikan pertanyaan dan jawaban dan algoritma fisher Yates mengocok menghasilkan berbagai pertanyaan yang sangat baik sehingga tidak ada penipuan dalam melakukan ujian online ini.

Full Text:

PDF

References


Ade, R. (2016). Ujian di SMKN P 1 Sukaraja. (R. A. Zuama, Interviewer)

Arkun, S. and Akkoyunlu, B. (2008). A study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to ADDIE Model and Student’s Opinions of the Multimedia Learning Environment. http://www.ub.edu/multimedia/iem/iejournal@greav.net (5 Mei 2016)

Marlinda, L., & Kom, S. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta, Andi.

Gani, A., & Marlinda, L. (2017). Aplikasi Pembelajaran Trigonometri Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Jurnal Teknik Komputer, 3(2), 114-119.

Nugroho, B. (2009). Database relasional Dengan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Sekretariat Negara. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 1.

Sekretariat Negara. Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1.

Susanto, A., & Honggo, H. (2013). Perancangan Ujian Online pada STMIK GI MDP. STMIK GI MDP, 1.

Tsani, M. R., & Nurhadianto. (2015). Sistem Informasi Ujian Berbasis WEB. Cogito Smart Journal, 45-54.

Kresna, I. B., Buana, P. W., & Cahyawan, A. (2015). Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Merpatii, 190.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.