PENERAPAN METODE DEMPSTER SHAFER UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA ANAK

Okke Novera, Denny Pribadi, Rusli Nugraha

Abstract


Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) adalah penyakit yang sering terjadi pada anak, tetapi banyak orang tua yang tidak mengetahui bagaimana gejala dan tindakan bila anak terserang ISPA. Biasanya orang tua baru akan membawa anak ke dokter setelah kondisinya parah. Hal inilah yang menyebabkan masih tingginya angka kematian karena ISPA pada anak. Untuk memudahkan orang tua dalam mendeteksi penyakit ISPA sejak dini,perlu dibuat sebuah program aplikasi diagnosa penyakit sebagai bentukpeningkatkan pelayanan kesehatan secara gratis tanpa harus datang ke dokter dan mengeluarkan biaya banyak. Aplikasi dibuat berbasis web agar dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan menerapkan metode Dempster-Shafer, aplikasi tersebut akan menggunakan salah satu cabang dari AI (artificial intellegence) yaitu Sistem Pakar. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendiagnosa anak berusia 1 sampai 12 tahun. Hasil dari penelitian ini diperoleh 9 gejala dengan 450 rule. Pengguna bisa dikatakan terdiagnosa penyakit ISPA jika hasil yang didapat dari perhitungan sesuai gejala yang dimasukan mencapai 50% atau lebih.


Full Text:

PDF

References


CNI. (2015, Januari 26). http://www.cni.co.id/index.php/search?searchword=ispa&searchphrase=all. Retrieved September 7, 2016, from CNI: http://www.cni.co.id/index.php/corporate-info/news/info-cni/1944-kenali-ispa-dan-hindari-penyebabnya

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). http://pppl.depkes.go.id/download?id=22. Retrieved September 4, 2016, from Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit : http://pppl.depkes.go.id/_asset/_download/FINAL%20DESIGN%20PEDOMAN%20PENGENDALIAN%20ISPA.pdf

Marlinda, L. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Apotek HIdup Menggunakan Simple Additive Weighting. Prosiding Semnastek.

Prijodiprojo, E. G. (2013). Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer. Indonesian Journals of Computing and Cybernetics Systems, 133-144.

Shalahuddin, R. A. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

T. Sutojo, E. M. (2011). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

Wiweka, E. P. (2013). Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 1-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.