PENERAPAN FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK MENENTUKAN KINERJA GURU DALAM PEMILIHAN KELAYAKAN KENAIKAN PANGKAT DAN TENAGA KONTRAK (STUDI KASUS SMK NEGERI 2 CILAKU – CIANJUR)

Apip Supiandi

Abstract


Dalam meningkatkan kualitas pendidikan merupakan salah satu faktor penting adalah kinerja guru, Pemerintah mengeluarkan anggaran untuk 20% sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang, oleh karena itu kinerja guru harus seimbang dengan pahala yang adil dan hukuman dari peraturan pemerintah. Dalam rangka membantu manajemen sekolah, kemudian membangun sebuah sistem yang nantinya dapat digunakan sebagai standar penilaian kompetensi dengan beberapa guru. Sistem ini dikenal sebagai sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process Fuzzy. Dalam membuat keputusan dengan metode ini dengan beberapa tahapan yang merupakan satu kesatuan yang harus dilakukan secara sistematis. Sistem ini dibangun dengan Microsoft Access sebagai pembuat GUI dan Microsoft Excel perhitungan matematika sebagai panduan. Dari hasil pengujian, sistem dapat menentukan urutan prioritas untuk guru PNS untuk promosi dan urutan prioritas untuk non PNS Guru kontrak kerja dengan penilaian objekif dibandingkan dengan perhitungan manual. Software yang dibuat dapat diterima oleh manajemen, dengan hasil software metode pengujian perangkat lunak Quality Assurance

Full Text:

PDF

References


Achmadi (2012), Hubungan kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi berprestasi dan Kompensasi Kinerja Guru Sekolah Dasar, PPs IKIP PGRI Semarang, Indonesia.

Andriani, A. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Decision Tree Dalam Pemberian Beasiswa Studi Kasus : AMIK”BSI Yogyakarta”, Program Studi Manajemen Informatika, AMIK BSI Jakarta.

Dany Ryzky Arif Safutra et all, (2012)

Findati, Y., Imron, M., Dayawati, R,N. (2012). Aplikasi Pendukung Underwriting Akseptasi Dan Penerbitan Polis Pada Ajb Bumiputera 1912 Menggunakan Metode Fuzzy-Ahp dan Weighted Product Model, Universitas Muhammadiya Sidoarja, Indonesia.

Gustian, D (2013). Kajian Kinerja Guru Berdasarkan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System Untuk Mengukur Kelayakan Sertifikasi :Studi Kasus SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, Program Pascasarjana Magister Ilmu Komputer, STMIK Nusa Mandiri, Jakarta, Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru.

Kuncahyo, B.T., Ginardi, R.V., Arieshanti, I. (2012). Penerapan metode Adaptive neuro-fuzzy inference system untuk Memprediksi nilai Post testMahasiswa pada jurusan teknik Informatika FTIF ITS, Indonesia.

Kusumadewi, S. et all., 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Penerbit : Graha Ilmu,.

Marlinda, L., Kreshana, P. E., & Sensuse, D. I. (2012). A Multi Study Program Recommender System Using Content-Based Filtering and Analytical Hierarchy process (AHP) Methods. Int. J. Comput. Sci. Issues, 9(1).

Nugroho, A.S. (2003). Pengantar Softcomputing, Ilmu Komputer.com, Indonesia.

Nurmianto E., Siswanto N., (2006). Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer Dengan Metode Analytical Hierarchy Process :Studi Kasus Di Sub Dinas Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum, Kota Probolinggo, Program Pascasarjana, Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2000 Tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil Presiden Republik Indonesia.

Rahardjo, J., Sutapa I.N., (2002). Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Dalam Seleksi Karyawan, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra, Indonesia.

Saelan A. (2009), Logika Fuzzy, Program Studi Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Indonesia.

Sinaga, J. (2009). Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Pemilihan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sebagai Tempat Kerja Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.

Tiayudi A, Az Nazori (2012). Analisa Sistem Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Fuzzy Inference System Mamdani: Studi Kasus Upt Dinas Pendidikan Kec. Penengahan Lampung Selatan, Program Studi Magister Ilmu Komputer, Univesitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia.

Tim Instruktrur FISIP Administrasi. Modul Microsoft Office. Universitas Padjadjaran, Bandung., 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.