SISTEM PAKAR BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB PADA SMAN 1 CIKEMBAR

Muhammad Muharam Syah, A. Gunawan

Abstract


Bimbingan dan konseling di sekolah adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dalam upaya untuk menemukan, lingkungan yang akrab pribadi dan merencanakan masa depan siswa yang bersangkutan. Layanan bimbingan dan konseling bertujuan agar siswa dapat memanifestasikan dirinya sebagai orang yang mandiri, bertanggung jawab, siswa kreatif dan pekerja produktif (M. Fahli Zatra Hadi et al, 2013). Dalam konsep, Kepastian Factor (CF) adalah salah satu teknik yang digunakan untuk mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Kepastian Factor (CF) dapat terjadi dengan berbagai kondisi. Di antara kondisi yang terjadi adalah ada beberapa antensenden (dalam aturan yang berbeda) dengan konsekuensi yang sama. Dalam hal ini, kita harus mengumpulkan nilai CF keseluruhan kondisi yang ada. Pada Kepastian konsep Factor juga biasa dikenal dengan mereka percaya dan kafir. Untuk itu, sistem bekerja untuk membuat diagnosis berdasarkan gejala dari masalah yang dirasakan oleh siswa, dan kemudian melakukan perhitungan berdasarkan nilai Kepastian Faktor masing - masing gejala yang ada. Berdasarkan uraian tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang dapat mewakili seorang ahli yang memiliki basis pengetahuan dan pengalaman bimbingan dan konseling, yang merupakan sistem pakar. teknologi berbasis web kini semakin banyak digunakan untuk kepentingan masyarakat atau lembaga. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan laboratorium komputer sebagai sarana untuk melaksanakan bimbingan dan konseling siswa diharapkan untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat dan lebih fleksibel. Sehingga dapat membantu orang tua dalam memberikan tindakan dini atau bantuan untuk masalah yang dialami oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Andayati, D. (2012). Sistem Pakar Bidang Psikologi. ISSN: 1979-911X. Yogyakarta: Jurusan Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND.

Fahli, M., Zatra, H.A., Muri, Y., Syahniar. (2013). Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa Dan Layanan Yang Diberikan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, Volume 2 Nomor 1.

Marlinda, L., & Kom, S. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta, Andi.

Mujilahwati, S. (2008). Diagnosa Penyakit Tanaman Hias Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. ISSN No. 2085 - 0859. Lamongan: Jurnal Teknika Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan, Vol 6 No 2 September 2014.

Nirmala, I.S. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Pada Sapi Bali dengan Menggunakan Metode Forward chaining dan Certainty Factor. ISSN 2089-8673. Bali: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 3(3).

Riswandi, A.B.P. (2015). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Di Smkn 2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. ISSN 2460-1187. Palangkaraya: Jurnal Konseling GUSJIGANG FKIP Universitas Muhammadiyah, 1(2).

Septima, A.R., Retnandi, E., Deddy, A. (2012). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru Di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango. ISSN: 2302-7339. Garut: Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi, 9(40).

Wulandari, F., Yuliandri, I. (2014). Diagnosa Gangguan Gizi Menggunakan Metode Certainty Factor. ISSN 1693-2390 print/ISSN 2407-0939 online. Riau: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Teknik Informatika UIN SUSKA, Vol. 11, No. 2, Juni 2014, pp. 305 – 313


Refbacks

  • There are currently no refbacks.