EVALUASI HEURISTIK PADA DESAIN INTERFACE APLIKASI MY INDIHOME

Ricky Firmansyah

Abstract


Evaluasi desain antarmuka adalah bagian dari interaksi desain diskusi tentang Interaksi Manusia Komputer (HCI). Penelitian ini memfokuskan pada evaluasi heuristik pada desain aplikasi antarmuka dari My IndiHome versi 5.1 pada Platform Android untuk menentukan sejauh mana kegunaan desain antarmuka. Jumlah pengguna IndiHome akan terus tumbuh, bahwa mengapa PT. Telkom harus meningkatkan layanan kepada pelanggan mereka seperti pendaftaran baru pelanggan, tambahan migrasi paket layanan, informasi penagihan dan keluhan laporan layanan interupsi. Perkembangan teknologi mobile, terutama Android banyak digunakan, layanan informasi sudah berjalan saat ini harus dapat mengikuti perkembangan teknologi mobile. Oleh karena itu, Telkom telah meluncurkan aplikasi IndiHome saya yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore dengan tujuan untuk meningkatkan layanan yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa antarmuka aplikasi MyIndiHome secara umum telah mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna tetapi ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam hal kemudahan penggunaan dan keakuratan informasi.


Full Text:

PDF

References


Adolph, S., Cockburn, A., & Bramble, P. (2003). Patterns for Effective Use Cases. Boston: Addison-Wesley Professional.

Carroll , J. M. (2015, January 01). Human Computer Interaction - brief intro. Retrieved November 29, 2016, from Interaction Design Foundation: https://www.interaction-design.org/literature/book/the-encyclopedia-of-human-computer-interaction-2nd-ed/human-computer-interaction-brief-intro.

Mazumder, F. K., & Das, U. K. (2014). USABILITY GUIDELINES FOR USABLE USER INTERFACE. IJRET: International Journal of Research in Engineering and Technology Vol 03, 79-82.

Mentari, A. (2015). Efektivitas Iklan Terhadap Penjualan Produk Indihome PT. Telkom Kandatel Bantul. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Nielsen, J. (1995, Januari 1). Nielsen Norman Group. Retrieved Nopember 25, 2016, from 10 Usability Heuristics for User Interface Design: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

Saifulloh, & Asnawi, N. (2015). EVALUASI DESAIN ANTARMUKA DENGAN PENDEKATAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN (Studi Kasus Mobile App Sport Galaxy Center). Jurnal Ilmiah DASI Vol. 16 No. 4 , 55-58.

Savitri , P., & Ispani , M. (2015). REVIEW DESAIN INTERFACE APLIKASI SOPPPOS MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIK. Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No 1 , 95-100.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.