PENERAPAN NAIVE BAYES UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT DIARE USIA BALITA PADA SISTEM PAKAR BERBASIS WEBSITE

Elah Nurlelah, Rusda Wajhillah

Abstract


Diare adalah pengeluaran tinja tidak normal dan cair. debit air besar tidak normal dan membentuk tinja cair dengan frekuensi yang lebih besar dari biasanya. Dalam penelitian ini, data yang akan dianalisa penyakit diare pada anak balita menggunakan metode Naive Bayes menggunakan delapan parameter seperti jenis kelamin, umur (bulan), frekuensi buang air besar, konsistensi tinja, keadaan mata, keadaan turgor, keinginan untuk minum dan kondisi umum. Dalam rangka untuk mendapatkan nilai informasi yang lebih cepat dan lebih fleksibel, aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit diare dibuat dengan aplikasi berbasis web, sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas, selain aplikasi ini juga dapat membantu tenaga medis untuk membuat keputusan dalam diagnosis penyakit diare. Dari 140 jumlah total kasus terdiri dari 84 kasus pasien yang terjangkit diare dan 56 kasus pasien yang tidak terinfeksi penyakit diare pada anak balita diperoleh dari UPTD Puskesmas Caringin, maka diperoleh 17 aturan yang dihasilkan dari wawancara dengan para ahli dengan jumlah kelas tidak sebanyak 9 aturan dan jumlah kelas sehingga sebanyak 8 aturan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian yang diimplementasikan ke dalam aplikasi web dapat membantu pengguna, khususnya orang tua dalam mendiagnosis penyakit diare pada anak-anak balita

Full Text:

PDF

References


Asnawati, C. E., dan Rosdiana. (2012). Diagnosa Gejala Penyakit Diare Pada Anak Balita Menggunakan Sistem Pakar. Jurnal Media Infotama, p. 8.

Aziz, E., dan D. D. (2014). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Syaraf Pada Wajah Berbasis Web. Jurnal Algoritma, p. 11.

Destarianto, P., dan Nugraheni, P. (2015). Desain Sistem Pakar Mengidentifikasi Diare Pada Balita. Jember: SEMNASKIT.

Marlinda, L., & Kom, S. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta, Andi.

Marlinda, L. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Apotek HIdup Menggunakan Simple Additive Weighting. Prosiding Semnastek..

Saleh, A. (2015). Implementasi Metode Klasifikasi Naive Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan LIstrik Rumah Tangga. CItec Jurnal, p. 2.

Sugihartiningsih dan Hafiduddin, M. (2016). Hubungan Teknik Pemberian Susu Formula Terhadap Kejadian Diare Anak Usia 1-3 Tahun. The 3rd University Research Colloqium, pp. 2407-9189.

Wulan, R., Lestari, M., dan N. W. P. S. (2014). Perancangan Sistem Pakar Penentu Proses Persalinan Dengan Metode Naive Bayes Pada Kepulauan Di Daerah Terpencil Penebel Tabanan Bali. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, pp. 2089-9813


Refbacks

  • There are currently no refbacks.