PENERAPAN METODE AHP UNTUK KELAYAKAN PEMBERIAN BEASISWA

Evicienna Evicienna

Abstract


Beasiswa diberikan untuk membantu siswa dalam hal bantuan keuangan agar pendidikan yang ditempuh tetap berjalan dengan baik. Tetapi proses penyeleksiannya masih sering terjadi kendala, yaitu banyaknya kriteria yang harus diolah dan banyaknya data pelamar mengakibatkan pengambilan keputusan lama prosesnya. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem penunjang keputusan yang baik dalam membantu pemecahan masalah tersebut, salah satu algoritma yang digunakan dengan menerapkan metode AHP. AHP dipilih karena mampu dalam memecahkan masalah multi kriteria, banyak peneliti yang telah menerapkan metode ini untuk pengambilan keputusan. Hasil keputusan yang didapat, terlihat bahwa FS lebih berhak mendapatkan beasiswa dengan tingkat prioritas 36%.

Full Text:

PDF

References


Ariyadi, D. B. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Pada SMA 1 Boja Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Dawson, C.W. (2009). Project in Computing and Information System A Student’s Guide. Englan: Addison – Wesley.

Gafur, Abdul. (2008). Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Jakarta: Penebar Plus.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andy Offset.

Maghfiroh, Nurul., & Marimi. (2010). Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press.

Marlinda, L., Kreshana, P. E., & Sensuse, D. I. (2012). A Multi Study Program Recommender System Using Content-Based Filtering and Analytical Hierarchy process (AHP) Methods. Int. J. Comput. Sci. Issues, 9(1).

Oyama, S., Ernawati, E., & Mudjihartono, P. (2015). Analisis Kriteria Sistem Pendukung Keputusan Beasiswa Belajar Bagi Guru Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Jurnal Dinamika Informatika Vol. 5, No 1 Tahun 2015.

Turban, Efraim., & Jay E, Aronson. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Vitari, A., & Hasibuan, M. S. (2010). Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Penerimaan Beasiswa di SMAN 2 Metro). Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2010. Bali


Refbacks

  • There are currently no refbacks.