PERBANDINGAN NILAI RELIABILITAS DARI HASIL METODE SAW DAN METODE TOPSIS

Hidayanti Murtina

Abstract


Fuzzy Multi Attribute Decision Making (F-MADM) merupakan salah satu sistem penunjang keputusan yang cukup sederhana dan dapat menjadi salah satu metode alternatif dalam mengambil keputusan jika alternative atau variabel yang digunakan cukup banyak dan bernilai data kuantitatif. Metode SAW dan TOPSIS banyak digunakan dikarenakan metode tersebut konsepnya sederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Permasalahannya adalah dari metode SAW dan TOPSIS, metode mana yang akan memiliki nilai lebih relevan. Oleh karena itu dilakukan perbandingan hasil uji reliabilitas terhadap hasil dari kedua metode tersebut. Semakin mendekati nilai 1 untuk hasil uji reliabilitasnya tentunya metode tersebut akan semakin direkomendasikan untuk membantu pengambilan keputusan.


Full Text:

PDF

References


Budiharto, Widodo. (2008). Membuat Sendiri Robot Cerdas-Edisi Revisi. Jakarta: PT.Alex Media Komputindo

Khoirudin , Akhmad Arwan. 2008. SNATI Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Associative Memory. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi, Sri, Sri Hartati, Agus Harjoko dan Retantyo Wardoyo. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Laudon, K. C. dan J. P. Laudon. (2008). Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.