AKUNTANSI DALAM PERSPEKTIF PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Andi Riyanto, Acep Suherman, Dicki Prayudi

Abstract


Akuntansi sebagai dasar pengelolaan keuangan desa memberikan acuan kepada pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa secara transparan, akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin. Pada APBN-P 2016 dana desa sebesar Rp. 47 trilyun siap dikucurkan kepada seluruh desa di Indonesia yang memenuhi kriteria. Wujud dari pertanggungjawaban pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa, dengan dikeluarkannya berbagai laporan keuangan desa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran dokumen-dokumen yang terkait, antara lain melalui studi referensi atau kepustakaan, baik dari buku, jurnal dan artikel, maupun media internet yang kemudian diolah kembali berdasarkan pengetahuan dan pengalaman peneliti.Akuntansi diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa secara transparan dan bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Astuti, Titiek Puji dan Yulianto. Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Menyongsong Berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1 (2016): 1-14. http://e-journal.unair.ac.id/index.php/BAKI/article/view/1694.

Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Keuangan Pemerintah Desa. Jakarta: BPS. Indonesia.

Bastian, Indra dan Suharjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Edisi Pertama. Jakarta:Salemba Empat

Bintarto, R. 1985. Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Jakarta: Ghalia, Indonesia.

Harahap, Sofyan Safri. 2008. Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan, PSAK No. 1: Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Nodiawan, Dedi., Sondi Putra, Iswahyudi., Rahmawati, Maulida. 2008. Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat.

S. R, Soemarso. 2004. Akuntasi Suatu Pengantar. Edisi Lima (Revisi). Jakarta: Salemba Empat

Taufik, Taufeni. (2009). Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Sistem Keuangan Negara Republik Indonesia. Jurnal ekonomi, Vol. 17, No. 01 (2009) ISSN: 0853-7593. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/viewFile/716/709.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.