DAMPAK PENGEMBANGAN DESA WISATANGLANGGERAN TERHADAP SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT LOKAL

Hary Hermawan

Abstract


Penelitian tentang dampak pengembangan pariwisata rurall untuk sosial-budaya merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Nglanggeran Desa Yogakarta. Hasil Pengumpulan mengungkapkan bahwa kegiatan wisata pedesaan pembangunan yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran dianggap cukup baik, indikatornya adalah rata-rata peningkatan kunjungan wisatawan yang cukup besar pada tahun-tahun dengan karakteristik wisatawan yang sangat beragam. Kesiapan masyarakat Lokal dalam hal aspek pendidikan, pengetahuan, keterlibatan masyarakat Lokal dalam pengembangan menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat telah cukup siap untuk menghadapi potensi dampak yang timbul. Pertumbuhan pariwisata yang menghasilkan tingkat frekuensi tinggi interaksi antara masyarakat Lokal dan wisatawan, yang rata-rata lebih dari 5 kali interaksi di setiap 3 bulan. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa mengembangkan Desa Wisata Nglanggeran memiliki banyak efek yang berbeda. Dengan kesiapan masyarakat yang baik, dampak negatif dari pembangunan Desa Wisata dapat diminimalkan.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2013. Analisis Dampak Sosial Ekonomi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung. Banten : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banten

Anonim. 2003. PetunjukTeknisPenelitian Budaya. Yogyakarta :ProyekPemanfaatanKebudayaan Daerah DIY 2003

Anonim. 2014. Statistik Kepariwisataan 2014. Yogyakarta : Dinas Pariwisata DIY

Bull, Adrian. 1995. The Economic Of Travel And Tourism. Longman House. Australia

Gursoy, D.,Jurowsky, C. danUysal, M. 2002. Resident attitudes : A structural modeling Aproach. Annals of Tourism Research.

Pitana, I Gededan I Ketut Surya Diatra. 2009. PengantarIlmuPariwisata. Yogyakarta :PenerbitAndi

Pitana, I GededanPutuG.Gayatri. 2005. SosiologiPariwisata. Yogyakarta :PenerbitAndi

Rai Utama I.G.B dan Eka Mahadewi N.M. 2012. Metode Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta : Andi

Sugiyono. 2011. Metode PenelitianKuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(www. desanglanggeran.go.id) diaksestanggal 22 Februari 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.