PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA INDUSTRI JASA TELEKOMUNIKASI

Martias Martias

Abstract


Pada industri telekomunikasi khususnya di Indonesia, konsumen memegang peranan penting dalam kesuksesan penjualan perusahaan. Diperlukan suatu strategi pemasaran yang baik, yang dapat memprediksi segala kemungkinan peluang dan tantangan dimasa mendatang. Menjaga kesetiaan konsumen (loyalitas pelanggan) harus dapat dilakukan oleh perusahaan dalam jangka waktu yang lama agar tidak terjadinya suatu kondisi dimana produk menjadi hilang karena tidak adanya suatu “service after sales”. Hal-hal semacam itulah yang akhirnya memunculkan suatu konsep “customer relationship management” yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Buttle, Francis. (2007). Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) : Concept and Tools. Malang :Bayumedia Publishing.

Gordon, I. (2002). Best Practices : customer relatonship management . I vey Business Journal, Novembver/Desember

Kalakota, Ravi., and Marcia Robinson. (2001). e-Business 2.0 : Roadmap For Success. Addison-Wesley, Boston.

Kotler, Phillip dan K.Keller. (2012). Marketing Management. New Jersey, Prentice Hall

Laudon, K.C., and C. G. Traver. (2005). E-Commerce. Addison Wesley, Boston.

Temporal, Paul., and Martin Trott. (2001). Romancing The Customer. Jakarta : Salemba Empat

Turban, Efraim.,King, David., Viehland, Dennis., Lee, Jae. (2004). Electronic Commerce : A Managerial Perspective. Pearson Education, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.