HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN JASA

Dedy Syahyuni

Abstract


Kompetensi dan kinerja merupakan dua hal yang saling terkait satu sama lain. Kompetensi merupakah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pekerja atau karyawan di sebuah peruahaan atau organisasi dalam mengerjakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya sedangkan kinerja merupakan hasil kerja yang diberikan oleh karywan pada perusahaannya. Dalam perusahaan jasa kinerja dapat terlihat dari layanan yang diberian oleh karyawannya. Kompetensi yang baik akan berdampak pada baiknya kinerja dari pekerjaan tersebut baik dari segi efektifitas dan efiesieni kerja.  Akan tetapi kompetensi yang buruk atau kurang bukan hanya berdampak pada ketidak-efektifan dan ketidak-efisiensian pekerjaan tetapi juga bias bedampak kepada hal yang lebih buruk seperti tingginya beban kerja atau turunnya tingkat kepuasan kerja karyawan bahkan yang paling parah adalah pada naiknya angka kecelakaan kerja.


Full Text:

PDF

References


Adityawarman, Yudha, Bunasor Sanim, Bonar M Sinaga, 2015, Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot. Jurnal Manajemen dan Organisasi Volume VI No 1, IPB Padjajaran Bogor

Fairoh, Zulia Maharatun, Moch Djudi Mukzam, Gunawan Eko Nurtjahjono, 2014, Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk KC Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 15 No 2 universitas Brawijaya

Fuad, Noor dan Gofur. (2009). Integrated Human Resources Development Jakarta: Grasindo.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2009). MSDM Perusahaan. Bandung: Refika Aditama.

Mardiani, Any. Maya Sari Dewi. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bank Kalsel. Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen Volume 3 No 3. Universitas Lambung Mangkurat.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi.Bogor: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Numberi, Agustinus. Margono Setiawan. 2013. Pengaruh Kondisi Kerja, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kerja Outsourcing (Studi Pada PT Bank Papua Kantor Pusat Jayapura). Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 11 No.1. Universitas Brawijaya

Rivai, Veithzal. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rumere, Lidya Octafia. Riane Jhonly Pio. Jhoni Revo Elia Tampi (2016). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja karyawan PT Bank Tabungan Negara (persero), Tbk. Kantor cabang Manado. Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 4 No. 1. Universitas Sam Ratulangi

Sutrisno, Edi Iswanto. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wijaya, Andree, Suhaji (2012). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Semarang. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Volume 1 No. 1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala


Refbacks

  • There are currently no refbacks.