SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA BALITA DENGAN METODE FORWARD CHANINING DAN BACKWARD CHAINING

Eva Zuraidah, Linda Marlinda, Luci Kanti Rahayu

Abstract


Adanya keterbatasan waktu praktek seorang dokter kulit  dirumah sakit dan biaya berobat untuk kedokter spesialis kulit yang sangat mahal, sedangkan banyak balita yang sakit dan ketidak tahuannya penyebab, pencegahannya, dan pengobatannya orang tua tentang Penyakit Kulit Pada Balita saat ini. Penyakit kulit yang diderita oleh balitasaat ini cepat sekali menyebar dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan tentang kulit. Sistem ini dibuat agar para penderita penyakit kulit mengerti dan memahami jenis penyakit kulit apa yang diderita dan system ini memberikan bneberapa solusi pencegahan sesuai dengan tingkat penyakit yang ada sekarang ini. Pemograman berbasis web ini merupakan salah satu alternatif bagi pasien penyakit kulit pada balita yang dapat mengetahui dengan cepat mendiagnosa awal atau konsultasi tanpa harus pergi ke seorang pakar atau dokter. Hasil dari riset ini adalah berupa program aplikasi yang dapat membantu user mengetahui jenis penyakit kulit yang diderita serta mendapatkan informasi yang luas mengenai penyakit kulit serta mengetahui teknik pengobatan dan cara pencegahannya, dan hasil dari aplikasi berupa jenis penyakit yang diderita pengguna berdasarkan dari gejala yang sudah dipilih.


Full Text:

PDF

References


Kusuma Dewi (2003) Artificial Intelligence atau Teknik dan Aplikasinya. Jogjakarta : Graha Ilmu.

Kusrini 2006, Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Jogjakarta : Andi Offset.

Sulastri dan Zuliarsoeri 2011. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Bayi Menggunakan Piranti Mobile, Jurnal.

Paryati (2011) “Sistem Pakar Berbasisi Web Untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit “ jurnal TELEMATIKA Vol 7 No 2. Januari 2011

Evi Nurfitriani (2012) : “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Anak” Jurnal

Helen Sastypratiwi “Aplikasi untuk Diagnosis Penyakit pada Anak dan Balita Menggunakan Faktor Kepastian” Jurnal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.