METODE ANALITICAL HIERARCY PROCESS DALAM MENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SOFTWARE CODE EDITOR

Ricki Sastra

Abstract


Software yang membantu para programmer dalam membuat program yaitu  source code editor,Tetapi begitu banyak kriteria – kriteria yang dapat digunakan sebagai dasar pemilihan code editor  yang paling sesuai untuk dapat digunakan seorang programmer. Dalam penelitian ini, penulis mengangkat beberapa software code editor untuk pemrograman web designer adalah Notepad++, Sublime Text, Bracket,dan Atom. Untuk memilih Sofware code editor untuk pemrograman web ini dengan 5 kriteria,yaitu Syntax highlight,code folding,auto complete,auto recovery,dan support multi language. Dalam memilih software code editor untuk pemrograman web ini penulis menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP).Hasil pemilihan ini menghasilkan Notepad++ sebagai software yang paling membantu dalam pemrograman web dibandingkan dengan Sublime text,Bracket dan Atom. Tingkat kehandalan Notepad++ mencapai 31,4%. Dan software yang berada pada urutan kedua adalah sublime text dengan presentase 25,6 %.Faktor kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan software code editor ini adalah Syntax highlight 24,2 %.Diharapkan dengan adanya penelitian ini menunjang dalam menentukan software code editor yang handal dalam pemrograman

Full Text:

PDF

References


Brunelli, Matteo. (2015). Introduction To The Analytic Hierarchy Process. Heidelberg. Springer.

Iskandar Z. Nasibu 2009 Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Karyawan Menggunakan Aplikasi Expert Choice, Jurnal Pelangi Ilmu Vol.2 No.5, Mei 2009.

Kou Gang, Daji Ergu, Yi Peng, Yong Shi. (2012). Data Processing for the AHP/ANP. Heidelberg. Springer.

Marlinda, L., Kreshana, P. E., & Sensuse, D. I. (2012). A Multi Study Program Recommender System Using Content-Based Filtering and Analytical Hierarchy process (AHP) Methods. Int. J. Comput. Sci. Issues, 9(1). Marimin, Hendri Tanjung, Haryo Prabowo. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Grasindo.

Perwira,Sofyan dan heru Cahya. 2015 Aplikasi Pemilihan Operator Sumur Produksi Menggunakan Fuzzy Ahp dan Fuzzy Topsis di PT. Geotama Energi, Telematika,Vol.12, No.01,Januari 2015, Pp.1–10.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.

Vijayvargiya, A., Dey, A. K. (2010). An analytical approach for selection of a logistics provider.Management Decision, 48(3): 403-418


Refbacks

  • There are currently no refbacks.