ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGHUNI PERUMAHAN BERSUBSIDI DI CILEUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI BERGANDA

Arief Rivai, Fintri Indriyani, Arief Dermawan

Abstract


Perumahan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Produk - produk yang ditawarkan oleh pengembang kepada konsumennya tentunya harus berorientasi kepada kebutuhan konsumen dan kepuasan konsumen atas pembelian rumah yang ditawarkan merupakan impian dari setiap pengembang. Namun tak sedikit konsumen yang yang merasa kecewa setelah membeli, ialah tidak sesuainya apa yang didapat dengan yang ditawarkan oleh pengembang, seperti adanya biaya lebih yang harus dibayar konsumen tanpa pemberitahuan sebelumnya, kualitas bangunan itu sendiri dan aspek sarana prasarana yang belum sesuai harapan, tentunya sangat mempengaruhi kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran angket kepada penghuni perumahan, observasi, dan wawancara. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan metode regresi berganda untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen tersebut dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor mana yang mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Faktor kualitas bangunan mempunyai pengaruh yang paling besar disusul oleh faktor aspek sarana prasarana

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Jilid Dua. Jakarta: Erlangga

Santoso, Singgih. (2013). Menguasai SPSS 21 di Era Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarmanto, R. Gunawan. (2005). Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Yogyakarta. Andi Offset.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

Tjiptono, Fandy. (2005). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran, Edisi Dua.Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.