ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS EMPAT SD PADA SDN BENGLE II KARAWANG

Rizky Riyadi, Taufik Baidawi

Abstract


Pengembangan animasi saat ini berjalan cepat di berbagai bidang. Animasi begitu terkenal di bidang perfilman, terutama dunia anak-anak. Namun, sekarang animasi tidak hanya digunakan dalam dunia hiburan seperti pembuatan film dan permainan, tetapi juga dalam membuat desain web dan pendidikan. Animasi dalam pendidikan bertindak sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi dapat diintegrasikan ke media lain seperti video atau presentasi yang cocok untuk menggambarkan materi pembelajaran yang sulit disampaikan secara langsung melalui buku. Animasi dalam pendidikan memberikan banyak manfaat bagi siswa dan guru. Untuk siswa, animasi dapat meningkatkan pembelajaran dan pemahaman bidang ilmu tertentu. Untuk guru, animasi dapat memfasilitasi proses belajar dan mengajar dalam pengiriman konten ke siswa. Salah satu animasi software pembuat yang cukup populer saat ini adalah Adobe Flash Professional CS8. Adobe Flash Professional CS8 menawarkan berbagai fitur dan kemudahan penggunaan. antarmuka layar, fungsi, dan beragam pilihan palet, serta koleksi lengkap alat yang sangat membantu dalam membuat karya animasi yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk membuat animasi di bidang pendidikan. Animasi yang akan dibuat oleh penulis adalah animasi tentang matematika. Mengingat Matematika adalah cabang ilmu yang sangat penting, tetapi banyak siswa yang kurang tertarik dan percaya bahwa matematika adalah sulit. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk menarik siswa untuk matematika dengan menawarkan antarmuka yang menarik, sehingga siswa tidak merasa bosan ketika belajar matematika. pelajaran matematika untuk membuat animasi oleh penulis terfokus pada soal perkalian dan pembagian, sejumlah faktor, luas dan keliling, dan pengukuran untuk kelas IV SD. Hasil animasi akan direalisasikan dalam bentuk tesis dengan judul "Pengantar Matematika Pembelajaran Interaktif Animasi Empat Kelas II SD Pada SDN bengle Karawang

Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. 2005. Konsep Dasar Program. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembangannya. Yogyakarta : Andi Offset.

Kurniadi, Adi. 2011. Pemrograman Visual Basic 6.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rahman, Rizky, Wawan Setiawan dan Eka Fitrajaya R. 2008. Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. ISSN: 1979-9264. Bandung : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Volume. 1 Nomor. 2, Bulan Desember 2008 : 1-10. Diambil dari : www.slideshare.net/fajarapriadi92/12-optimalisasi-flash. (Desember 2008).

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Santi, Noor, Candra, Rina dan Edy Supriyanto. 2009. Rancang Bangun Model Pembelajaran Fisika SMA dengan Flash (Studi Kasus Gerak Benda). ISSN: 0854-9524. Semarang : Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume. XIV, No.1, Bulan Januari 2009 : 44-50. Diambil dari : www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/viewFile/90/85. (Januari 2009).

Winardi, Slamet dan Sebastiao Domingos F Belo. 2012. Rancang Bangun Software Pembelajaran Interaktif Dasar Digital. ISSN: 1858 - 4667. Surabaya : Jurnal Link Volume. I6 Nomor. 1, Bulan Februari 2012 : 1- 8. Diambil dari www.ejournal.narotama.ac.id/.../1Link%20Vol%2016%20February%202012. (Februar 2012).

Yudhiantoro, Dhani. 2006. Membuat Animasi Web Dengan Macromedia Flash Professional 8. Yogyakarta : Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.