ANIMASI INTERAKTIF OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMP MAZRO’ATUL ULUM CILEDUG

Yudha Irvanudin, Nita Merlina, Yoyoh Yoyoh

Abstract


Sekolah Menengah Pertama merupakan sekolah lanjutan dari sekolah dasar yang usia siswanya memasuki usia 13 – 15 tahun. Pada usia tersebut, siswa mulai melakukan aktifitas permainan yang menggunakan aktifitas motorik, seperti olahraga permainan bola besar yang masuk ke dalam kurikulum Penjasorkes kelas VII. Pada kurikulum tersebut, siswa diharuskan menguasai materi permainan baik secara praktek maupun teori. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode belajar yang tidak monoton, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi komputer sebagai media belajar. Metode pembelajaran dengan menggunakan media interaktif ini dapat diterapkan dalam bentuk teknologi aplikasi pembelajaran dengan menggabungkan unsur gambar, teks dan suara sehingga menjadi animasi interaktif yang menarik dan tidak membuat siswa menjadi cepat bosan. Dengan diterapkannya media pembelajaran animasi interaktif ini diharapkan dapat membangun minat belajar dan melihat bakat alami siswa. Dalam hal ini, perangkat lunak yang digunakan untuk media pembelajaran animasi interaktif adalah Adobe Professional CS6.


Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Mdanimation. 2016.Serunya Adit Sopo Jarwo.Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Mdanimation. 2016.Serunya Adit Sopo Jarwo.Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Mdanimation. 2016.Serunya Adit Sopo Jarwo.Yogyakarta: PT Bentang Pustaka. [6] Rossa, AS dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Wahana Komputer. 2010.Panduan Praktis 3D Studio Max 2010 Untuk Permodelan 3 Dimensi Profesional. Yogyakarta: Andi.

Wahana Komputer. 2013. PAS Membuat Game Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.