PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BINATANG PADA ANAK USIA DINI

Kholid Saifulloh, Mamik Sulistyoningsih, Mohtar Lutfi

Abstract


Dunia belajar pada anak usia dini adalah dunia belajar sambil bermain. Oleh karena itu perlu diberikan rangsangan agar timbul ketertarikan pada suatu media belajar itu sendiri. Perkembangan teknologi begitu pesat dengan berbagai jenis yang beragam, mulai dari teknik membuat gambar yang tidak bergerak sampai gambar yang bergerak. Untuk membuat sebuah animasi interaktif, kita dapat mempelajari suatu software seperti Adobe Flash CS5. Dari hasil uji kuesioner terhadap aplikasi berbasis multimedia dapat membantu menghilangkan rasa jenuh atau bosan dalam belajar.

Full Text:

PDF

References


Al Fatah, Hanif. (2007). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Apriyani, Meyti Eka dan Robie Gustianto. (2015). Augmented Reality Sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala Dengan Animasi 3D Menggunakan Metode Single Marker. ISSN: 2085-3688. Batam: Jurnal Infotel Vol. 7, No. 1 Mei 2015: 47-52. Diambil dari: http://ejournal .st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/108/pdf_1 (10 Mei 2016)

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Enterprise, Jubilee. (2010). 30 Bisnis Berbasis Ide Untuk Siapa Pun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hardyana, Septi Eka dan Herlawati. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Khas Pulau Indonesia Berbasis Android Pada TK Kupu-Kupu Mungil Bekasi. ISSN: 2442-2436. Jakarta: Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI Vol. II, No. 1 Februari 2016: 9-21. Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/358/267 (10 Mei 2016)

Kalsum, Tita Umi dan Hartini. (2014). Pemantauan Peningkatan Kemampuan Pengenalan Hewan Berkaki Empat Dengan Program Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Autis. ISSN: 1693-590x. Surakarta: Jurnal Ilmiah Go Infotech Vol. 20, No. 2 Desember 2014: 18-25. Diambil dari: http://jurnal.stmik-aub.ac.id/index.php/goinfotech /article/view/13/11 (10 Mei 2016)

Ladjamudin, Al-Bahra. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms. (2008). Mahir Dalam 7 Hari-Adobe Flash CS3 Professional. Yogyakarta: Andi Offset.

Maulana, Kahfi. (2013). Konsep Program. Diambil dari: www.ilmukomputer.org/2013/04/22/konsep-program. (10 Mei 2016).

Zainuddin, Ahmad. (2008). Animasi Multimedia. Jakarta: PT. Harmoni Graha Indah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.